Senin, 15 Mei 2023

 

Press Rilis untuk Diketahui Masyarakat.
= Imajimimetheatre Indonesia dan Nyusur History Indonesia =

Nyusur History Mudik Movement 12 - “MULIH KA JATI, MULANG KA DIRI”
Minggu, 16 April 2023. 

Titik Kumpul di Red Raws Center. Pukul : 15.00 WIB s/d Buka Puasa.
Rute Nyusur :
Red Raws Center - Simpang Lima Asia Afrika - Alun-Alun Bandung – Red Raws Center.



 

2023 Nyusur History Mudik Movement kembali lagi ke ruang masyarakat dengan tubuh budaya mudiknya, yang setiap tahun digelar, tahun ini adalah tahun ke 12 setelah 3 tahun melewati situasi pandemi. Kali ini menawarkan renungan : “MULIH KA JATI, MULANG KA DIRI”, salahsatu pertunjukan mudik jalanan dengan gagasan gerombolan tubuh-tubuh perantau mencari jalan menuju pulang, sejenak terjebak dalam ruang kerumun bising kota, tubuh-tubuh dengan bertumpuk imaji di ruang publik sesak berdesak. tubuh-tubuh terus mencari dimana kelak mereka menemui tubuhnya sendiri, mencari tanah lahirnya, tubuh mereka menjelma interaksi sosial bergumul dengan keramaian, tubuh budaya mudik terjerembab diruang bising berpolutan, tubuh dengan imaji kebingungan diantara ketidakpastian, saling silang tubuh budaya bertemu tubuh masyarakat yang keos. Tubuh budaya mudik itu berbagi kisah melalui seni pantomim hadir.

Tema yang diusung tahun ini merupakan interpretasi peristiwa seni panggung seni jalanan dari beragam peristiwa sosial personal dan komunal. Yang seakan lupa untuk merawat segala hakikat, segala yang dimiliki pada diri, pada tubuh, jiwa dan nurani yang semakin krisis, keluputan yang terus diingatkan melalui cara dan upaya apapun untuk menemui kesadaran hidup. Percepatan yang semakin mengada-ada, membuat luput akan jeda, menepi sejenak dan menelisik makna essensi mudik tersebut. Bahwa pulang adalah peristiwa seni kehidupan dimana kita kembali ke asal dimana kita lahir dan menemui hakikat diri, bercengkerama untuk pulang pada diri. Andalah saksi seni mudik tahun ini, setelah pandemi.

Mudik merupakan kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan, misalnya menjelang lebaran. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mudik boleh dikatakan sebuah tradisi yang mutlak harus dilaksanakan. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang lama tersebar di perantauan, tentu juga dengan kedua orangtua. Budaya mudik adalah suatu nilai sosial positif bagi masyarakat Indonesia, karena dengan mudik berarti masyarakat masih menjunjung nilai silaturahmi antar keluarga. Dalam mudik khususnya menjelang lebaran saat ini, bukan hanya menjadi milik ummat muslim yang akan merayakan idul fitri 1444 H bersama keluarga namun telah menjadi milik “masyarakat Indonesia”, karena pada dasarnya bersilaturahmi adalah hakikat dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial, makhluk yang berinteraksi dengan semestaNya, antar manusia dan alam.

Buat semua yang hendak perjalanan Mudik. Hati-hatilah dengan semua barang bawaan anda. Jaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan dan selamat sampai tujuan, karena saudara dan handai taulan serta keluarga besar menantikan anda di rumah dan bahagia menyertai kita semua. Salam mudikers dari kami…..Selamat lebaran hari raya idul fitri 1444 H -  selamat merayakan mudik semuanya. Terima kasih.

- Seni Pertunjukan Pantomim Mudik yang secara konsisten selama 12 tahun di Indonesia -
Bandung, 16 April 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar