Jumat, 11 Maret 2011

KOMUNIS KAMPUS [Komunitas Sepeda Kampus/Bike To Campus STSI Bandung]



                                                        Logo KOMUNIS KAMPUS







Prolog.
KOMUNIS KAMPUS
[Komunitas Sepeda Kampus/Bike To Campus STSI Bandung]
SEJARAH SINGKAT :
Salam Sehat Bersepeda Indonesia!
Berawal dari keseharian kami menggendarai roda dua buatan abad 18, dan kecintaan kami terhadap sepeda, atas dasar itu dan dengan rasa kebersamaan yang kami  emban, dalam komunitas ini kami tidak membeda-bedakan jenis sepeda apapun. Begitu juga dengan rasa silaturahmi dan hormat yang kami pegang erat, begitupun kepada sesama para pecinta, kolektor serta pengguna sepeda dimanapun kalian berada, terbentuklah sebuah wadah atau ruang kreatifitas untuk kita semua yaitu komunitas yang kami impikan sedjak doeloe kala, ruang untuk kalian para pecinta sepeda, dengan kami beri nama  KOMUNIS KAMPUS  (Komunitas Sepeda Kampus) dengan dua buah suku kata yang menurut orang-orang sungguh menjerumuskan kami ke sebuah paham, namun bukan begitu, karena KOMUNIS KAMPUS muncul dari percakapan para pemuda yang setiap hari, setiap waktu, setiap saat serta setiap akan berpetualang dimanapun dan kemanapun tujuannya dengan jalan yang benar. Ruang ini dikayuh oleh pencinta kendaraan roda dua yaitu: Wanggi Hoediyatno, Diki Saprudin, Derry Rukmana Anugrah . Pemuda ini yang masih tercatat sebagai Mahasiswa Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI Bandung) setiap harinya mengayuh roda duanya menuju ruang belajar kesenian, dengan spirit kekeluargaan, solidaritas dan kebersamaan, dan kami akan meneriakan dengan lantang: “Greenpeace to the World”,  Save the World, No,Drugs, No,Free Sex, Ngayuh Sepeda Yes, Change of the World for the Next Regeneration with Bicycle, yang dimana akan terus bergeming dan mengaung-gaung di belahan dunia dengan isu-isu besarnya, dalam ruang ini kami mengangkat tema besar dari  lingkungan hidup dan seni budaya, yang bahwasanya setiap hari digeluti oleh kami dan dengan sebuah tekad yang bulat untuk membirukan langit dan menghijaukan bumi kembali dan menciptakan serta melestarikan seni budaya dan lingkungan di sekitar kita, agar bumi sehat kitapun sehat juga, yang kemudian nantinya ruang/komunitas ini akan terus dilanjutkan oleh para regenerasi-regenerasi selanjutnya di masa mendatang.
Dan Pada tanggal 1 Juli 2009 lahirlah sebuah ruang/komunitas baru yaitu KOMUNIS KAMPUS  (Komunitas Sepeda Kampus) yang menetas dan berlabuh  di  Jalan Buah Batu no.212 Bandung, di antara bangunan kampus seni yang berwarna biru itu (STSI Bandung) Komunitas ini lahir dan akan terus berkembang dan melestarikan denga mengikuti zaman dan peradabannya. Karena menurut kami zaman dan peradaban akan terus ber-revolusi dan bermetamorphosis dan perubahan akan terjadi, Kami memegang teguh ke-Bhinneka Tunggal Ika-an yang berbunyi: “Berbeda-beda tetapi tetap satu jua”, karena menurut kami perbedaan adalah sebuah rasa cinta yang sulit dimiliki oleh setiap manusia di belahan bumi manapun, selama itu juga perbedaan akan terus ada dan kita tetap bersatu. Kami selalu menjunjung tinggi-tinggi “Mensana In Coporesano”, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa –jiwa yang kuat, sekuat dan setangguh kita menjalani kehidupan di bumi ini. Kami tidak membeda-bedakan SUKU, RAS, AGAMA atau GOLONGAN (SARA) apapun, karena sepeda yang kita kayuh bersama bertujuan untuk mempersatukan dan mempererat kembali tali silaturahmi dan rasa kebersamaan yang semakin renggang diantara sesama kita, dan di saat kita mengayuh, itu sebuah peristiwa sejarah yang bisa dirasakan oleh individu yang mengayuhnya, sebuah aktivitas yang menyenangkan  dan menyehatkan tanpa menimbulkan polusi dan hemat biaya untuk keberlangsungan kehidupan di masa yang akan datang,
Mari kita bersama menjaga, mempertahankan dan melestarikan kembali budaya berSepeda dan berBudaya sehat ! GO BIKE, GO GREEN, GO TO CAMPUS.. !

Adapun empat Prinsip yang kita junjung tinggi yaitu 4 K :
1.      Kesehatan
2.      Kebudayaan
3.      Kesenian
4.      Kelestarian lingkungan hidup

Dengan bendera yang akan terus berkibar di udara sana dan terbang tinggi dimanapun dia berada, dengan menjaga dan menghormati nama dan identitas komunitas dimana kalian berada. Bersama KOMUNIS KAMPUS. Membirukan Langit, Bumipun Hijau, Kita Sehat dan sikap berBUdaya dan berKesenian tumbuh dan kita semakin meLestarikan lingkungan di sekitar. Mari berSepeda, untuk Budaya hidup Sehat dan Lingkungan selalu terjaga.  “Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Semua”

Manifesto akan tumbuh bersama dengan apa yang di inginkan oleh kita, bila kita kayuh sepeda bersama-sama.

Motto Kami : “Bersama Kita Birukan Langit, Hijaukan Bumi, Berbudaya Seni, Sehat Jasmani  Rohani, Meneruskan Generasi”
● Spirit Mengayuh :  “Mengayuh Sepeda dengan Menjelajah ruang menuju Peradaban yang lain”

 Info : biketocampusstsi@gmail.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar