Rabu, 14 November 2018

PERAYAAN 11 TAHUN MIXI IMAJIMIMETHEATRE INDONESIA.

PERAYAAN 11 TAHUN MIXI IMAJIMIMETHEATRE INDONESIA.
(11 November 2007 – 11 November 2018)
Toko Akasa Book Store, Pasar Cihapit. Bandung, Indonesia.
Penulis : Wanggi Hoed (Perintis dan Seniman Pantomim di Mixi Imajimimetheatre Indonesia)  
MENJELAJAHI IMAJINASI, MENYELAMI SUNYI
11 tahun perjalanan berproses dan berkarya Mixi Imajimimetheatre Indonesia mewarnai serta memperkaya dan berupaya konsisten dalam memberi sentuhan yang berbeda pada khazanah seni pertunjukan pantomim di tanah air. 11 tahun bukan hanya sekedar angka dalam nominal belasan, angka estafet yang melewati 1 dekade panjang, menafasi ruang-ruang yang tak berbatas, adakalanya kita sejenak jeda, lalu hadir tak terduga di ruang publik atau aktivisme, membaca ekosistem pantomim tanah air adalah membaca tanda kenyataan dari realitas zaman hari ini lewat jalan sunyi.

Setiap perjalanan ada sebuah aktivitas yang penuh dinamika, tantangan dan tumbuh-kembang-surutnya bahkan hilang ditelan zaman dalam perjalanannya. kami mencoba berdaya merawat seni ini, melanjutkan pemikiran dari perkembangan seni pantomim dunia, menyentuh lintas ruang dan disiplin untuk turutserta berkolaborasi, saling bertukar gagasan. Imajinasi yang kami suguhkan adalah bahasa gerak hidup pada pernyataan dari kenyataan kehidupan yang kami nyatakan dalam sebuah seni pertunjukan, bernama Pantomim.


“Menjelajahi Imajinasi, Menyelami Sunyi” bukan sekedar tema dalam perayaan 11 tahun ini, namun manifestasi perjalanan yang kami syukuri hingga kini masih bisa bertemu bersilaturahmi dan berkarya. Menjelajahi Imajinasi merupakan suatu penjelajahan menuju imajinasi baru, ada kekuatan imajinasi untuk melihat, membaca kehidupan dari sudut pandang berbeda guna menatap masa depan yang baik. Menyelami Sunyi merupakan penyelaman kembali dari kedalaman kesunyian yang kami pelajari, mencoba mengevaluasi dari yang sudah dirasa dan dipaham bahkan dilakukan hingga kini.
Menjelajahi Imajinasi, Menyelami Sunyi adalah manifestasi dari ruang jelajah yang kami lampaui ketika menjadi sunyi, untuk kembali kepada diri bahwa imaji dan sunyi adalah ruang nyata yang kita tak sadari. Pantomim bagi kami hanya medium seni penyampai pesan gestikulasi indrawi untuk berbagi imaji dan kesunyian itu pada orang-orang disekitar.

Hari ini, Senin 12 November 2018 kami berada di Akasa Book Store, Pasar Cihapit untuk berbagi silaturahmi dengan cara kami ; pameran arsip & artefak, diskusi perjalanan dan perkembangan pantomim dunia, pantomim respon di pasar cihapit juga tumpengan & do’a bersama adalah secuil rasa cinta kami pada tanah air, dan masyarakat pasar terutama warga negara Indonesia. Melalui ruang ini kami belajar dari titik dimana pertemuan segala elemen masyarakat dipertemukan dan berinteraksi sesuai dengan porsi dan kebutuhannya. Pasar adalah tempat titik temu penjual dan pembeli melakukan transaksi jual-beli, dan kami disini berinteraksi sosial untuk berbagi seni yang kami miliki. Pantomim rasa timur diruang jual-beli.

Bandung, 12 November 2018.
 Akasa Book Store, Pasar Cihapit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar