Jumat, 13 April 2018

Indonesia Street Mime International Festival 2017 - Turn Back Mime

TURN BACK MIME DAN TUBUH YANG BERSUARA
Oleh : Wanggi Hoed, Seniman Pantomime



ISMIF (Indonesia Street Mime International Festival), merupakan kegiatan seni pertunjukan pantomime yang pertama kali di selenggarakan di Indonesia, bertempat di Bundaran Besar Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada tanggal 29 Januari 2017, yang pementasannya ditampilkan serentak di ruang publik / jalanan (street performance) sebagai panggung pertunjukan. ISMIF sendiri masuk dalam agenda kegiatan dari rangkaian Turn Back Mime 2017, yang didalamnya akan ada ; Workshop, Diskusi dan Uji Nyali bersama seniman pantomime Indonesia sekaligus narasumber, yaitu : Wanggi Hoed, yang telah 10 tahun lebih berkarya di dunia seni pantomime.
Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif dari beberapa anak muda tanah air, seperti : Institute Tingang Borneo Theatre (ITBT), Rumah Talenta dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah dan Mixi Imajimimetheatre Indonesia dari Bandung, Asean Mime Society, Indonesia Mime Artist Association. ISMIF adalah hajat seni budaya melalui medium tubuh, imajinasi dan perangkat pendukung (bila diperlukan) oleh para seniman / pelaku seni yang terlibat didalamnya.
Untuk tahun ini ISMIF 2017 mengangkat tema universal dengan judul : “The Body Of Sounds” (Suara Tubuh). “The Body of Sounds” sebagai pusar interaksi segala daya energi indrawi guna mempererat tali silaturahmi, persaudaraan dan persatuan antar lintas kultural, Melalui ISMIF 2017 seyogyanya kita bersama bisa mengingat dan merawat kelestarian seni budaya yang ada dan tumbuh di tanah air (khususnya pantomime), sebab kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Disitulah ISMIF hadir untuk bersama-sama bergerak dalam satu tubuh, satu jiwa, satu rasa sebagai bentuk tindakan nyata. ISMIF 2017 adalah panggung bagi para seniman pantomime dan pelaku seni pertunjukan lainnya, untuk berkarya dengan medium tubuh, ISMIF adalah bagian dari tubuh budaya. Melalui ISMIF kita berharap akan lahir inisiator dan regenerator muda dalam kebudayaan di Indonesia.
Kita berharap semoga ISMIF menjadi awal sejarah yang baik dan di ingat oleh masyarakat, sebagai sejarah revolusi seni pertunjukkan di Indonesia.

http://blog.spektakel.id/2017/01/31/turn-back-mime-dan-tubuh-yang-bersuara-di-indonesia-street-mime-international-festival-2017/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar