Minggu, 18 Juni 2017

Wanggi Hoed dan Kilometer Perjuangan HAM

Wanggi Hoed dan Kilometer Perjuangan HAM






BANDUNG, KabarKampus – Wanggi Hoediyatno Boediadjo atau yang dikenal dengan Wanggi Hoed, seniman pantomim Bandung melakukan aksi pantomim bertajuk “Kilometer Perjuangan” di Kafe KaKa, Bandung, Sabtu, (10/12/2016). Aksi ini yang digelar dalam rangka memperingati Hari HAM Internasional yang diperingati setiap tanggal 10 Desember.
Selama setengah jam, pria lulusan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung ini ingin menceritakan betapa kompleksnya perjuangan penegakan HAM di Indonesia. Seperti banyaknya para pejuang HAM yang justru mendapat intimidasi dan kriminalisasi.
Untuk mengungkapkan kisah tersebut Wanggi menunjukkannya dengan gerakan tangan yang seolah-olah terikat. Baik terikat dalam posisi di atas, di bawah, atau di tengah. Kemudian tangan yang terikat tersebut bergerak, mulai dari atas meja, kepala pengunjung, hingga tempat sampah. Hingga akhirnya, Wanggi mampu melepaskan ikatan tangan tersebut dengan bantuan salah satu penonton pertunjukkan.
Menurut Wanggi, kasus HAM itu kompleks. Dia bisa ada di meja, kepala manusia, pohon, bahkan kepala manusia. Namun banyak orang tidak menyadari banyak kasus HAM yang ada di depan mata.

Article Media : http://kabarkampus.com/2016/12/wanggi-hoed-dan-kilometer-perjuangan-ham/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar