Selasa, 29 Oktober 2013

Tampilkan Chabatz d’entrar berkolaborasi dengan 2 seniman Indonesia






Surabaya, Kabarindo- IFI (Pusat Budaya Prancis) di Surabaya mementaskan pertunjukan akrobat kontemporer di Taman Bungkul pada Sabtu (1/6) sore. Masyarakat antusias menyaksikan penampilan mereka.

Pertunjukan tersebut dibawakan oleh kelompok sirkus kontemporer, Chabatz d’entrar (baca : chabats d’angtrar), berkolaborasi dengan 2 seniman Indonesia, Permata Andhika Rahardja dan Wanggi Hoediyatno dari STSI Bandung.

Acara tersebut ditampilkan sebagai bagian dari perayaan HUT Surabaya ke - 720 dan bagian dari festival seni budaya Prancis, Printemps Français (baca : prangtang frangsé) atau Musim Semi Prancis yang ke – 9 pada tahun ini yang berlangsung Mei - Juni. Pementasan tersebut diselenggarakan IFI bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya.

Selain di Surabaya, mereka telah tampil di Medan (18/5), Makassar (25/5) dan Balikpapan (26/5) yang akan berlanjut ke Malang (2/6), Bandung (6/6), Jakarta (7/6 & 11/6) dan Jogjakarta (13/6). Mereka juga akan tampil di Timor Leste dan Vietnam pada Juni ini.

Menurut Pramenda Krishna, Penanggungjawab Budaya & Komunikasi IFI, pertunjukan akrobat kontemporer merupakan hasil kerja sama Chabatz bersama 2 seniman muda Indonesia di Bandung pada April lalu. Musik dalam pementasan ini merupakan karya duo musisi Indonesia, Bottlesmoker.

"Di sini, sekarang dan di sana!" adalah karya yang mereka persiapkan selama 6 bulan di Bandung. Pertunjukan ini memperlihatkan ciri khas Chabatz d’Entrar yaitu penggunaan barang - barang sehari - hari, egrang dan bambu untuk menciptakan efek keseimbangan.

Compagnie Chabatz d'entrar dibentuk pada 1997 di Limousin, Prancis. Kelompok ini tinggal di wilayah Saint - Junien, tempat mereka berkreasi. Mereka telah menghasilkan sekitar 10 kreasi diantaranya Perchés, La Balada, Rue du Cirque dan Mobile.

Awalnya mereka banyak berkecimpung di kota dan di jalanan untuk memproduksi karya - karya pertunjukan yang menampilkan kebebasan bergerak. Kemudian mereka menambah pengalaman di acara - acara panggung lainnya.

Chabatz d'entrar selalu mencoba bereksperimen dengan bentuk - bentuk visual artistik yang menjadikan tubuh dan pergerakan sebagai titik awal riset sebuah pertunjukan kontemporer. Manipulasi objek dan akrobat menjadi ciri karya mereka.


Kontributor : Teks & Foto-Foto: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya) 

Website : http://www.kabarindo.com/?act=single&no=28802




1 komentar: