Selasa, 29 Oktober 2013

Sirkus Kontemporer Perancis Chabatz D'Entrar Memukau Publik Jogja


RRI-Jogja News/L-09, Kelompok Sirkus Kontemporer dari Perancis bernama Chabatz D’entrar, setelah sukses dengan dua tur-nya pada acara Musim Semi Perancis (Printemps Francais) tahun 2011 dan 2012 di Indonesia, yang juga tampil di Yogyakarta pada waktu itu, kini hadir kembali di Indonesia, dalam event Printemp Francais tahun 2013 dengan mengusung tema “Di sini, Sekarang Dan Di Sana”.
Kali ini Chabatz D’entrar berkolaborasi dengan seniman Bandung yakni Permata Andhika Rahardja dan Wanggi Hoediyatno, serta Angkuy dan Nobi dari grup musik Bottelsmoker yang bertindak selaku kreator musik. Anne Keller, Olivier Leger dan Damien Caufepe, didukung Penata Cahaya dan Penata Panggung Silvere Bartoux setelah enam bulan berproses, alhasil mereka menemukan sesuatu hal yang betul-betul baru.
Mereka memilih bambu untuk mengungkapkan maksud cerita yang disajikan kepada penonton yang memenuhi ruang berkapasitas dua ribu orang tersebut, sebagaimana dituturkan Andhika dan Damien kepada RRI-Jogja usai pentas di Concert Hall kompleks Taman Budaya Yogyakarta.
Bambu telah dipilih menjadi ikon pementasan Chabatz D’entrar di Indonesia, karena selain mudah diperoleh dan murah, Bambu juga dimaksudkan untuk menciptakan efek keseimbangan, seperti gabungan unsur tradisional dan modern. Kolaborasi tersebut menyajikan bambu kedalam beragam cerita, semisal untuk permainan, dekorasi dipadu dengan egrang tinggi Chabatz D’entrar yang begitu piawai memainkannya.
Singkat cerita, mereka ingin menunjukkan adanya ketidakseimbangan alam yang dikarenakan pembangunan, dimana sumber daya alam dieksploitasi habis-habisan, yang kelak dampak negatifnya akan dirasakan oleh generasi mendatang, sehingga melalui pementasan itu, mereka mencoba mengingatkan kepada semua bangsa agar tetap menjaga keseimbangan alam di muka bumi ini.
Setelah pentas di Indonesia, Chabatz D’entrar dalam kolaborasinya, selanjutnya meneruskan tur mereka ke Timor Leste, Vietnam, dan Perancis.
Kehadiran sirkus kontemporer Chabatz D’entrar di delapan kota di Indonesia, masing-masing di Medan (18/5), di Makassar (25/5), di Balikpapan (26/5), di Surabaya (1/6), di Malang (2/6), di Bandung (6/6), di Jakarta (7/6), dan di Yogyakarta (13/6) atas inisisasi Institut Francais Indonesia –IFI dalam acara tahunan Musim Semi Perancis di Indonesia, didukung sepenuhnya oleh pihak Kedutaan Perancis di Jakarta.


Website : http://rrijogja.co.id/internasional/seni-dan-budaya/3318-sirkus-kontemporer-perancis-chabatz-d-entrar-memukau-publik-jogja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar