Surabaya (Antara Jatim) - Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya mementaskan Akrobat Kontemporer bertajuk "Di Sini, Sekarang dan Di Sana !" di Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya pada 1 Juni 2013 pukul 16.00-16.30 WIB dan 18.00-18.30 WIB.

"Acara itu merupakan bagian dari Festival Seni Budaya Prancis dan 'Printemps Fran├žais' atau Musim Semi Prancis pada Mei-Juni 2013," kata Penanggung Jawab Budaya dan Komunikasi IFI Surabaya, Pramenda Krishna A, di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, kedua festival yang memboyong aktualitas kesenian Prancis yang berkualitas ke Kota Pahlawan itu mendapat dukungan Pemerintah Kota Surabaya dan menjadi bagian dari perayaan Ulang Tahun ke-720 Kota Surabaya.

"Untuk acara yang merupakan kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya itu menampilkan pertunjukan akrobat kontemporer oleh kelompok sirkus kontemporer 'Chabatz d¿entrar' yang berkolaborasi dengan dua seniman Indonesia, yakni Permata Andhika Rahardja dan Wanggi Hoediyatno dari STSI Bandung," katanya.

Ia mengatakan karya itu merupakan karya baru dari hasil residensi kelompok Chabatz bersama dua seniman muda Indonesia tersebut di Bandung pada bulan April lalu. "Musik pada pentas ini merupakan karya duo musisi Indonesia, Bottlesmoker," katanya.

Mereka melakukan tur menjelajahi sejumlah kota di Indonesia, yakni Medan (18/5), Makassar (25/5), Balikpapan (26/5), Malang (2/6), Bandung (6/6), Jakarta (7/6 dan 11/6), Yogyakarta (13/6) dan tSurabaya.

"Pentas di Surabaya digelar dua kali pada 1 Juni pukul 16.00 dan 18.30 di Taman Bungkul Surabaya. Durasi masing-masing pentas sekitar 30 menit. Pertunjukan ini tetap memperlihatkan ciri khas Chabatz d¿Entrar, yaitu penggunaan barang-barang sehari-hari, egrang dan bambu untuk menciptakan efek keseimbangan yang rapuh," katanya.

Setelah menyelesaikan tur di beberapa kota di Indonesia, baik di dalam maupun di ruang terbuka, mereka akan tampil di Timor Leste dan Vietnam pada Juni 2013 dan di Prancissendiri pada Juni 2014.

Sementara itu, mahasiswa International Business Management (IBM) Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya menampilkan karya anak bangsa dalam "Indie Movie Festival" di Gedung T kampus setempat pada 31 Mei pukul 10.00-16.00 WIB.

"Ajang itu memutar lima film singkat tapi menarik yakni Spotlight, Hi!, The Secret Recipe, Sing, dan The Intrigue," kata ketua acara, Carhina. (*)