Selasa, 05 Januari 2016

Harapan Seniman Pantomim Ini Terhadap Deklarasi Hari Dongeng Nasional

Silaturahim - Tokoh



ALHIKMAHCO,– Deklarasi Hari Dongeng Nasional. yang dihelat Forum Dongeng Nasional (FDN), turut hadir Seniman Pantomim Indonesia, Wanggi Hoed. Di kesempatan tersebut, Wanggi mengapresiasi cum memberikan harapannya. Ia mengatakan, semoga deklarasi ini memberikan kemudahan dalam membudayakan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak.
“Dengan adanya deklarasi ini,  lebih mudah membudayakan nilai-nilai kebaikan dalam dongeng kepada anak,” kata Wanggi, Sabtu (28/11/2015).
“Dongeng dan tema-tema sosial yang biasa saya sampaikan dalam pantomim memiliki garis merah yang sama. Yaitu agar masyarakat lebih peka pada kebaikan, dan memiliki daya kritis pada keburukan,” lanjut Wanggi yang telah menekuni seni pantomim sejak 2004 lalu.
Wanggi juga mengkritisi polah orang tua yang gemar mencekoki anak dengan tayangan di televisi. Katanya, tayangan tersebut membuat anak-anak menjadi tidak peka dengan lingkungannya.
Dongeng, imbuh Wanggi, merupakan dengungan yang menggambarkan kehidupan. Dengannya, manusia tak lupa dengan masa lalu, hewan, tumbuhan, dan alam sekitar. Penanaman nilai dalam dongeng sejak dini, menurut Wanggi, dapat menjadi kebiasaan yang positif bagi anak.
Dalam kesempatan tersebut, Wanggi turut menghibur anak-anak dengan aksi pantomimnya.  ia kemudian berakting sebagai seorang kakek yang menanti kehadiran cucunya. “Cucunya ini lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah bersama temannya. Gantinya, kakek ini menggunakan boneka sebagai temannya,” ucap Wanggi. Kendati panas terik, aksi Wanggi ini disambut anak-anak dengan tepukan tangan yang meriah. (Aghniya/ed.nurull/Alhikmah)

Website : http://alhikmah.co/2015/11/30/harapan-seniman-pantomim-ini-terhadap-deklarasi-hari-dongeng-nasional/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar