Selasa, 05 Januari 2016

Seniman Ini Lakukan Pantomim di Gunung Semeru




TEMPO.CO, Malang: Seniman Bandung, Wanggi Hoediyatno Boediardjo menggelar pertunjukan pantomim di Kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur. Setelah melakukan perjalanan panjang selama beberapa hari, puncak Gunung Semeru, Mahameru dipilih sebagai lokasi pertama untuk melakukan pertunjukan tersebut. Di puncak tertinggi pulau Jawa ini, Wanggi melakukan pertunjukan yang merupakan rangkaian 'Nyasar Nyusur Pantomime Gunung' dengan tajuk Pantomime Gunung Semeru.

Salah seorang pendaki asal Jerman, Sulamith Kastl menanggapi pertunjukan ini sebagai hal yang luar biasa. Ia mengatakan ini kali pertamanya melihat pertunjukan pantomime di puncak gunung.
Selang satu hari, bibir Danau Ranu Kumbolo menjadi lokasi ke dua Wanggi berpantomime. Pertunjukan kali ini diawali dengan ritual di depan Batu Prasasti Majapahit sebagai penghormatan kepada semesta di tempat tersebut.

Aksinya kali ini cukup menarik perhatian pendaki lainnya. Tak sedikit diantara mereka yang mengabadikan gambar Wanggi bersama keindahan Danau Ranu Kumbolo. Wanggi mengatakan aksinya ini bertujuan untuk mengingatkan para pendaki agar menjaga alam dan tetap lestari dan menjaga kebersihan dari sampah yang dibawa pendaki.

Menurut Wanggi, Pantomim di Gunung Semeru ini menjadi rekor bagi dirinya sendiri karena menurutnya belum ada seniman lain yang beraksi nekat seperti ini. Dengan gerakan-gerakan tersebut, ia menyuarakan lindungi semesta seperti halnya melindungi diri kita.

Jurnalis Video: Dicky Zulfikar Nawazaki
Editor/Narator: Ryan Maulana
Musik Ilustrasi : "Release And Relax full mix", JewelBeat


Website Tempo.co : http://video.tempo.co/read/2015/08/07/3473/seniman-ini-lakukan-pantomim-di-gunung-semeru 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar